Prinsip Bernouli

Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli.

sumber : Wikipedia




Apabila ada penurunan size seperti dari arah area 1 menuju area 2, maka akan mengakibatkan penurunan tekanan diarea 3. Bila dilihat dari gambar diatas dengan kondisi A1=A2 maka dapat disimpulkan bahwa tekanan diarea 1 dan tekanan diarea 2 akan sama. 

Maka dapat disimpulkan bahwa,

velocity 1 x Area 1 = velocity 2 x Area 2 ≠ velocity 3 x Area 3



Dilihat dari gambar diatas, maka "bisa" dikatakan tekanan diarea 1 dan diarea 3 bisa sama nilainya, secara prinsip tekanan yang awalnya turun akan berangsur kembali normal ketika ada jarak tertentu untuk waktu kembalinya tekanan dari arah P1 menuju P3. Berbicara mengenai debit air yang ada di P1 dan P3, akan sama walaupun adanya perbedaan luasan area. Itu semua terakumulasi karena nilai dari velocity 3 naik dari nilai velocity 1, sehingga jumlah debit akan sama dengan nilai dari arah pipa inlet menuju pipa outlet P3. 


RS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melubangi Batu Terkeras

Kinematikan dan Dinamika - Kecepatan Sudut

Kabar Terkabari.