Menentukan Kapasitas Exhaust Fan

Exhaust fan berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar, dan biasanya bersamaan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan. Selain itu exhaust fan juga bisa mengatur volume udara yang akan disirkulasikan pada ruang. Supaya tetap sehat ruang butuh sirkulasi udara agar selalu ada pergantian udara dalam ruangan dengan udara segar dari luar luar ruangan.


Dalam proses penentuan atau menghitung kebutuhan exhaust fan adalah luas dan fungsi dari ruangan tersebut. Biasanya untuk menghitung kebutuhan exhaust fan berdasarkan luasan ruangan memiliki nilai indeks. Dimana nilai indeks ini berpengaruh terhadap penentuan exhaust fan yang tepat untuk suatu ruangan. Nilai indeks ini dipengaruhi oleh jenis ruangan tersebut. Nilai indeks juga biasa dikenal dengan nilai ACH (Air Changer Per Hour atau pergantian udara per jam). Berikut dibawah adalah nilai ACH atau indeks per tiap ruangan :

Sumber : https://jualelektronik.com/cara-memilih-ukuran-exhaust-fan-dalam-ruangan/

Untuk menentukan nilai kapasitas dari exhaust fan sebagai berikut :

Sebagai contoh :

  1. Dapur sebuah rumah akan dipasang exhaust fan, dengan ukuran 5 m x 4 m x 3 m. Maka berapakah kapasitas untuk exhaust fan tesebut?
Penyelesaian sebagai berikut :

maka volume untuk dapur tersebut adalah ,


Volume ruangan dapur = 
5 m x 4 m x 3 m = 60 m3. 
ACH value untuk sebuah dapur = 10 - 15, maka untuk kasus menghitung kapasitas exhaust fan akan lebih bijak bila kita memakai nilai top-nya, karena kita mesti memiliki nilai atas untuk menentukan kapasitas exhaust fan tersebut. Maka :

CMH = Volume x ACH Value
           = 60 m3 x 15 / jam
           = 900 CMH. 

Maka dari nilai CMH yang kita dapatkan, selanjutnya bandingkan dengan produk dari exhaust fan yang akan dipasang, sehingga nilai kapasitas exhaust fan yang kita tentukan sebelumnya dapat terakumulasi dengan produk exhaust fan yang akan dipasang.


RS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melubangi Batu Terkeras

Kinematikan dan Dinamika - Kecepatan Sudut

Kabar Terkabari.